CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

A. Ciri-Ciri Makhluk Hidup

1.   Makhluk Hidup Membutuhkan Makanan dan Minuman

http://menjawabdenganhati.files.wordpress.com/2012/01/makan.gifMakhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman untuk mempertahankan hidupnya. Manusia dan tumbuhan juga membutuhkan makanan. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Tumbuhan dapat menyerap air dan zat hara dari dalam tanah. Tumbuhan menyerap air dengan menggunakan akarnya.

2.  Makhluk Hidup Berkembang Biak

Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan keturunannya. Berkembang biak berarti menghasilkan keturunan. Hewan berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Kucing, kambing, sapi, dan gajah berkembang biak dengan beranak.Sebaliknya, ayam, burung, dan katak berkembang biak dengan bertelur. Perkembangbiakan tumbuhan dapat dilakukan secara alami dan buatan. Perkembangbiakan secara alami, misalnya melalui tunas. Contohnya pada tumbuhan pisang. Selain itu, perkembangbiakan secara alami dapat dilakukan melalui biji. Contohnya mangga, rambutan, dan jeruk. Perkembangbiakan secara buatan dapat dilakukan dengan cangkok dan stek.

3. Makhluk Hidup Tumbuh

https://ulfianamufli.files.wordpress.com/2012/12/tumbuh.jpg?w=271

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dari kecil menjadi besar. Biji kacang hijau dapat tumbuh menjadi kecambah. Kecambah memiliki akar dan daun. Manusia juga tumbuh, yaitu dari bayi hingga menjadi dewasa. Ciri-ciri pertumbuhan manusia adalah bertambahnya tinggi dan berat badan. Hewan tumbuh semakin tinggi dan besar. Lama-kelamaan hewan akan menyerupai induknya. Tumbuhan juga mengalami pertumbuhan. Semakin lama batangnya membesar, daunnya rimbun, dan akarnya kuat.

4. Makhluk Hidup Bernapas

http://gurungeblog.files.wordpress.com/2008/11/bernafas.jpgMakhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas. Saat bernapas manusia menghirup oksigen. Manusia akan mengeluarkan karbondioksida dari tubuh. Manusia dapat bertahan hidup meskipun tidak makan sehari. Akan tetapi, manusia tidak dapat hidup tanpa bernapas. Tumbuhan bernapas melalui pori-pori di permukaan daun. Pori-pori ini disebut mulut daun (stomata). Hewan dapat bernapas dengan paru-paru dan insang. Sebagian besar hewan laut bernapas dengan insang. Namun, ada juga hewan laut yang bernapas dengan paruparu. Misalnya paus dan lumba-lumba. Ada juga hewan yang bernapas dengan kulit. Misalnya, cacing tanah dan katak. Selain dengan paru-paru, katak dewasa bernapas dengan kulit.

5.   Makhluk Hidup Bergerak

https://i1.wp.com/sdmuhcc.net/elearning/pluginfile.php/1577/course/section/385/iritabilita.jpegBurung bergerak dengan sayapnya untuk terbang. Ikan bergerak dengan siripnya untuk berenang. Harimau, kucing, kambing, kuda, dan sapi bergerak menggunakan kakinya. Manusia bergerak, berjalan, dan berlari menggunakan kakinya. Tumbuhan termasuk makhluk hidup. Tumbuhan bergerak mengikuti arah datangnya sinar matahari. Namun, tumbuhan tidak berpindah tempat.

6. Makhluk Hidup Peka Terhadap Rangsang

Tumbuhan putri malu akan menutup daunnya jika terkena sentuhan. Beberapa hewan juga peka terhadap sentuhan. Bekicot akan memasukkan kepalanya jika terkena sentuhan. Manusia juga peka terhadap rangsang. Misalnya, mata peka terhadap rangsang cahaya. Telinga peka terhadap rangsang suara.

B.   Kebutuhan Makhluk Hidup

  1. Kebutuhan makanan

Makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber tenaga, pertumbuhan, dan mengganti sel-sel yang rusak.

  1. Kebutuhan udara

Setiap makhluk hidup bernapas, sehingga makhluk hidup memerlukan udara. Gas yang dibutuhkan manusia adalah oksigen. Oksigen dibutuhkan untuk pembakaran makanan dalam tubuh. Pembakaran makanan dalam tubuh menghasilkan energi.

  1. Kebutuhan air

Air berguna untuk melarutkan makanan. Makanan yang larut mudah diserap tubuh. Selain itu air juga berguna untuk mengangkut sari-sari makanan.

  1. Kebutuhan tempat tinggal

Tempat tinggal makhluk hidup disebut habitat. Untuk manusia tempat tinggal berguna untuk melindungi dari panas atau hujan. Bagi hewan tempat tinggal berguna untuk beristirahat serta melindungi diri dari hewan lain.

  1. Kebutuhan sinaar matahari

Sinar matahari merupakan energi paling besar yang ada di bumi. Semua makhluk hidup memerlukan sinar matahari. Manusia dan hewan membutuhkan sinar matahari untuk penerangan juga untuk menghangatkan tubuh. Sedangkan tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s